Puan Letakan Batu Pertama Pembangunan Patung Soekarno Di Tugu Trikora

    Puan Letakan Batu Pertama Pembangunan Patung Soekarno Di Tugu Trikora
    Puan Maharani Ketua DPR RI Letakan Batu Pertama Pembangunan Patung Soekarno di Tugu Trikora.lembeh

    BITUNG - Dalam rangkaian kunjungannya Ke Sulawesi Utara, Puan Maharani Sambangi Trikora Pulau Lembeh Kota Bitung dalam rangka pencanangan sekaligus peletakkan Batu Pertama pembangunan Patung Soekarno di Tugu trikora pulau lembeh, Rabu (09/02/2022).

    Walikota Bitung, mengawali acara menyampaikan Terima kasih atas kesediaan Puan datang langsung melakukan pencanangan pembangunan patung Soekarno di Tugu Trikora. 

    “Trima kasih ibu Puan Mau datang Ke Bitung,   Kehadiran  Ibu Puan menambah energi bagi kami untuk memajukan Bitung sebagai gate away Indonesia, ”tutur Maurits

    Kepiting Goreng Spesial
    market.biz.id Kepiting Goreng Spesial
    13% Rp 8.509
    Beli sekarang!

    Sementara itu, Ketua DPR RI Puan Maharani Soekarno Putri menyampaikan, bahwa kedatangannya di kota Bitung dalam rangka kunjungan Ke Sulawesi Utara, ini merupakan kali pertama ke kota Bitung.

    Kedatangan Dirinya hari ini adalah dalam rangka peletakan Batu Pertama dalam pencanangan  pembangunan patung Soekarno di Tugu Trikora Bitung." Ini sebagai simbol dimulainya pembangunan Patung Soekarno di Tugu Trikora pulau Lembeh Bitung" kata Puan sembari mengungkapkan bahwa Sebelum ke Bitung Dirinya juga meresmikan Monument Soekarno  Serta juga Napak Tilas Kehadiran Soekarno pada tahun 1957 di  Morotai Maluku Utara.

    Sesuai sejarah, sambung Puan,   perjuangan Indonesia merebut Irian Barat (Papua Barat) itu lewat operasi Trikora di bawah komando Soekarno.

    Ada garis merah semangat kebangsaan yang ditegaskan Presiden Soekarno datang ke Pulau Morotai dan Tugu Trikora Pulau Lembeh, Dimana  kata Puan Semangat kebangsaan dari bentuk pengakuan bahwa Indonesia merupakan satu kesatuan kedaulatan ditiap pulau di Indonesia.

    INFORMAN.ID
    market.biz.id INFORMAN.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    " Ini harus dijaga oleh seluruh rakyat Indonesia. Indonesia itu bukan hanya Jawa, ataupun Sumatera, tetapi juga termasuk Sulawesi, Maluku dan Papua yang dibebaskan dari penjajahan lewat operasi Trikora yang dicetuskan oleh Presiden Soekarno." Kata Ketua DPR RI Ini

    Melanjutkan, bahwa Operasi Trikora atau Tri Komando Rakyat yang di mulai 19 Desember 1961 hingga 15 Agustus 1962. merupakan sejarah perjuangan bangsa dalam merebut Irian Barat dari penjajah Belanda.

    SIBERIA.CO.ID
    market.biz.id SIBERIA.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Operasi tersebut kata Puan dilakukan karena Usai Indonesia Merdeka, pihak Belanda mengklaim Irian Barat masih dalam kekuasaan mereka. Sehingga sambungnya, Bung Karno dengan lantang mengumandangkan Trikora pada tanggal 19 Desember 1961 di Yogyakarta. 

    Menurut Puan, Berbagai operasi dilancarkan Indonesia, mulai dari pertempuran dan bahkan penekanan secara Psikologi, sehingga  Belanda akhirnya berhasil hengkang dan rakyat Irian Barat memutuskan bergabung dengan Indonesia melalui Penentuan Pendapat Rakyat (Pepera).

    Puan juga membeberkan, Presiden Soekarno mengumumkan Trikora di depan rapat raksasa yang dikunjungi ratusan ribu rakyat Yogyakarta dan luar daerah Yogyakarta sehingga Alun-Alun Utara di Yogyakarta menjadi lautan manusia. 

    Presiden Soekarno kata puan juga menggelorakan Trikora untuk menegaskan bahwa Irian Barat adalah bagian dari Indonesia. Untuk itu, kedaulatan bangsa Indonesia harus terjaga di Bumi Cenderawasih. Dan juga harus menjadi semangat kebangsaan yang digelorakan semua rakyat Indonesia.

    " Indonesia adalah bangsa berdaulat, yang tidak bisa didikte oleh negara lain, karena kita berdiri sejajar dengan negara-negara lain.”tegasnya seraya menambahkan, Tugu Trikora dibangun di Pulau Lembeh, karenan di lokasi itulah TNI melakukan pendaratan awal sebelum membebaskan Irian Barat.  Selain itu di area Tugu Trikora juga terdapat sebuah pesawat DC-3 Dakota TNI AU yang pernah digunakan dalam operasi Trikora. 

    JURNALNASIONAL.CO.ID
    market.biz.id JURNALNASIONAL.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    " Semoga Pembangunan patung Soekarno di Tugu Trikora ini bisa segera rampung. Untuk melengkapi cerita sejarah Trikora di Pulau Lembeh. Saya akan kembali lagi ke Pulau Lembeh untuk melihat patung Bung Karno ketika sudah selesai nanti, ' tuturnya

    Diakhir penyampaiannya, usai pelatakan batu pertama, Puan juga meresmikan program pemantapan gizi anak di Sulawesi Utara. yang ditandai dengan pemberian makanan susu, telur, dan ikan tuna kepada sejumlah siswa SD di Tugu Trikora.

    Turut hadiri di acara Wakil ketua Komisi X DPR RI Agustin Wilujeng, Anggita DPR RI  Vanda Sarundayang,   Gubernur Sulut Olly Dondokambey, Kapolda Sulut Irjen Mulyatno, Pangdam XIII/Merdeka Mayjen Denny Tuejeh.Walikota Bitung Maurits Mantiri, Forkopumda kota Bitung, Sejumlah Pejabat Gubernur, dan juga Pejabat Kabupaten kota lainya.  (AH)

    Bitung
    Abdul Halik Harun

    Abdul Halik Harun

    Artikel Sebelumnya

    Kemenkominfo RI, Berikan Jatah 5000 Gigital...

    Artikel Berikutnya

    Peringati HUT, KPLP Kelas II Bitung Anjangsana...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Suferi verified

    Rosmini

    Rosmini verified

    Postingan Bulan ini: 3

    Postingan Tahun ini: 152

    Registered: Dec 14, 2021

    Suhendi

    Suhendi verified

    Postingan Bulan ini: 1

    Postingan Tahun ini: 10

    Registered: Apr 25, 2022

    Karmel

    Karmel verified

    Postingan Bulan ini: 1

    Postingan Tahun ini: 94

    Registered: Nov 23, 2021

    Agung widodo

    Agung widodo verified

    Postingan Bulan ini: 1

    Postingan Tahun ini: 142

    Registered: Apr 8, 2021

    Profle

    Rosmini verified

    Gubernur AAU Bekali Taruna Tentang Para Dasar 
    Pembekalan Ibu Winayadhti Kanya Sena Menyambut HUT WARA Ke 59
    Peran Guru Memberikan Perlindungan Anak dari Bahaya Narkoba
    Tak Ada Tembak Menembak, Irjen Ferdy Sambo Ditetapkan Tersangka Kasus Kematian Brigadir J

    Rekomendasi

    Dari Puncak, AHY Minta Seluruh Kader Demokrat Persiapkan Upaya Raih Kemenangan di 2024
    Kasad Kukuhkan Habib Luthfi Bin Ali Yahya sebagai Warga Kehormatan Angkatan Darat
    BEM PTAI Apresiasi Ketegasan Kapolri Tindak  25 Personel Terkait Kematian Brigadir Joshua
    Tewasnya Brigadir Yoshua, Kapolri Periksa 25 Polisi Diapresiasi BEM SI
    Brigjen TNI E. Reza Pahlevi Serahkan Tali Asih dari Kasad Kepada Siswa-Siswi SD YPK Sota Perbatasan RI-PNG Merauke

    Ikuti Kami